Resmi! Kisi – Kisi Ujian Nasional Bahasa Indonesia Tingkat SMA/MA Tahun 2018/2019
Tak terasa Ujian Nasional tingkat SMA beberapa waktu lagi akan segera dilaksanakan. Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) pun telah memberi Kisi – kisi Resmi Ujian Nasional Bahasa Indonesia khususnya tingkat SMA untuk ajaran Tahun 2018/2019. Kisi – kisi ini bisa dijadikan sebagai Bahan Latihan ataupun dijadikan sebagai Prediksi Soal dan Kunci Jawaban Ujian Nasional Bahas Indonesia Tingkat SMA 2018/2019. Untuk melihat dan mempelajari kisi-kisi ini, Bapak/Ibu guru serta adik-adik Kelas 12 dapat mengunduhnya ataupun melihatnya secara online di situs ini. Saya telah sediakan link download serta file online nya di bawah ini. Semoga dapat bermanfaat dan Semoga Sukses menempuh Ujian Nasional 2018 / 2019 yaaa.. Jadilah Siswa dan Siswi yang bisa membanggakan orang tua. Ingat, nyesel itu datangnya belakang dek hehehe…
Berikut Kisi Kisi Resmi BSNP Ujian Nasional Tingkat SMA Tahun 2018/2018 :
KISI-KISI UJIAN NASIONAL BAHASA INDONESIA SEKOLAH MENENGAH ATAS/MADRASAH ALIYAH, SEKOLAH MENENGAH TEOLOGI KRISTEN, DAN SEKOLAH MENENGAH AGAMA KATOLIK TAHUN PELAJARAN 2018/2019
- Bahasa Indonesia – IPA/IPS/Keagamaan
Level Kognitif |
Lingkup Materi | ||||
Membaca Nonsastra | Membaca satra | Menulis terbatas | Menyunting Kata, Kalimat, dan Paragraf | Menyunting Ejaan dan Tanda Baca | |
Pengetahuan dan Pemahaman
· Mengidentifikasi · Memaknai |
Peserta didik dapat
– memaknai istilah/kata – mengidentifikasi informasi tersurat |
Peserta didik dapat
– mengidentifikasi dan memaknai kata simbolik/majas/kias dalam karya sastra – memaknai isi tersurat dalam karya sastra |
Peserta didik dapat
– melengkapi kalimat/ paragraf dengan istilah/kata/ungkapan/ peribahasa |
Peserta didik dapat
– mengidentifikasi kesalahan penggunaan kata/istilah – mengidentifikasi kesalahan penggunaan konjungsi – mengidentifikasi kesalahan penggunaan kalimat efektif – mengidentifikasi kalimat tidak padu dalam paragraf |
Peserta didik dapat
– mengidentifikasi kesalahan penggunaan ejaan (judul sapaan/gelar, nama geografi, nama diri, kata tugas) – mengidentifikasi kesalahan penggunaan tanda baca |
Aplikasi
· Menginterpretasi · Menggunakan |
Peserta didik dapat
– menemukan ide pokok – menemukan inti kalimat – menentukan makna rujukan – menyimpulkan isi tersirat dalam teks |
Peserta didik dapat
– menyimpulkan isi tersirat dalam cerpen/novel (konflik, sebab konflik, akibat konflik, amanat, nilai- nilai) |
Peserta didik dapat
– melengkapi unsur teks (eksposisi, deskripsi, argumentasi, narasi, ulasan biografi, prosedur) |
Peserta didik dapat
– menggunakan kata bentukan (mengisi sesuai kaidah bentukan kata) – mengisi dengan konjungsi yang sesuai |
Peserta didik dapat
– menggunakan ejaan – menggunakan tanda baca |
Level Kognitif |
Lingkup Materi | ||||
Membaca Nonsastra | Membaca satra | Menulis terbatas | Menyunting Kata, Kalimat, dan Paragraf | Menyunting Ejaan dan Tanda Baca | |
– menentukan kalimat utama
– menentukan kalimat penjelas |
– melengkapi teks sastra (prosa, puisi, drama)
– menggabungkan kalimat – mengurutkan unsur teks |
||||
Penalaran
· Membandingkan · Menunjukkan bukti · Menganalisis · Menanggapi/ Mengomentari · Merefleksi · Mengevaluasi · Memvariasikan |
Peserta didik dapat
– membandingkan isi, pola penyajian, dan atau bahasa teks – menyimpulkan perbedaan atau persamaan isi teks – membandingkan penggunaan bahasa dan pola penyajian beberapa jenis teks (berita, eksposisi, prosedur, editorial, ulasan/resensi) – mengomentari isi teks – menunjukkan bukti suatu simpulan |
Peserta didik dapat
– membandingkan isi, pola penyajian, dan bahasa karya sastra (berdasarkan gaya, tema, unsur) – menganalisis hubungan antarbagian karya sastra – membuktikan simpulan dengan data pada karya sastra (bukti watak, setting, nilai) – mengaitkan isi dengan kehidupan saat ini – menilai keunggulan/ kelemahan karya sastra – meringkas isi karya sastra |
Peserta didik dapat
– memvariasikan kata yang bermakna sama – memvariasikan kalimat yang bertujuan sama – menggabungkan beberapa kalimat dengan konjungsi yang sesuai – memvariasikan unsur teks – mengubah bentuk teks lain |
Peserta didik dapat
– memperbaiki kesalahan penggunaan kalimat – memperbaiki kesalahan paragraf – menentukan alasan dari segi pilihan kata/kalimat dalam paragraf |
Peserta didik dapat
– memperbaiki kesalahan penggunaan ejaan – memperbaiki kesalahan penggunaan tanda baca – menentukan alasan kesalahan dari segi ejaan dan tanda baca |
- Bahasa Indonesia – Bahasa SMA/MA
Level Kognitif |
Lingkup Materi | ||
Membaca non sastra | Menulis terbatas | Struktur Kebahasaan | |
Pengetahuan dan Pemahaman
· Mengidentifikasi · Memaknai |
Peserta didik dapat
– mengidentifikasi kata/frasa – mengidentifikasi unsur teks – mengidentifikasi makna tersurat |
Peserta didik dapat
– melengkapi kata/istilah sesuai konteks kalimat |
Peserta didik dapat
– mengidentifikasi bentuk teks – mengidentifikasi tata makna – mengidentifikasi tata bentukan – mengidentifikasi tata kalimat |
Aplikasi
· Menginterpretasi · Menangkap informasi implisit · Menggunakan konsep/prinsip |
Peserta didik dapat
– menyimpulkan isi tersirat – menginterpretasi hubungan unsur teks – mengklasifikasi isi |
Peserta didik dapat
– melengkapi paragraf – melengkapi unsur teks (melengkapi argumen, tesis) – menafsirkan unsur teks |
Peserta didik dapat
– menafsirkan tata makna – menafsirkan tata bentukan – menafsirkan tata kalimat – menafsirkan teori kebahasaan untuk mengklasifikasi teks |
Penalaran
· Membandingkan · Menunjukkan bukti · Menganalisis · Menanggapi/mengomentari · Merefleksi · Mengevaluasi · Mengkreasi |
Peserta didik dapat
– membandingkan penggunaan bahasa dan pola penyajian beberapa jenis teks – menganalisis hubungan antarunsur – membandingkan pola penulisan – meringkas isi – menanggapi/mengomentari isi teks |
Peserta didik dapat
– memvariasikan bagian teks – memvariasikan kalimat kritikan/pujian |
Peserta didik dapat
– memperbaiki kesalahan dari segi tata makna – memperbaiki kesalahan dari segi tata bentukan – memperbaiki kesalahan dari segi tata kalimat – membandingkan untuk menentukan perbedaan dan persamaan teks |
Keyword :